Kamis, 31 Maret 2011

contoh laporan prakerin


LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SISTEM JARINGAN  DCISTEM  CABANG UNPAD JATINANGOR
SUMEDANG-JAWA BARAT


Disusun sebagai salah satu syarat
Memenuhi Ujian Nasional  Di SMK Bakti Nusantara 666

Disusun oleh
NAMA    :
M.FAJAR FAUZI S.
NIS          :
0910.10.120




PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SMK BAKTI NUSANTRA 666 BANDUNG
2010/2011
















LEMBAR PENGESAHAN

Laporan prakerin ini di setujui dan di sah-kan sebagai salah satu syarat memenuhi tugas sekolah untuk mengajukan syarat Ujian Nasional di SMK Bakti Nusantara 666


Hari
:
…...................
Tanggal
:
………………
Di
:
………………


Menyetujui



     Pembimbing Prakerin                                                       Kepala Kopetensi Keahlian RPL



          Aji Sukma.ST                                                                         Hurip Permana.ST


Mengesahkan,
Kepala SMK Bakti Nusantara 666



Deni Danis Suara.ST


i
LEMBAR PERSETUJUAN
Laporan prakerin ini disetujui dan di sahkan sebagai salah satu syarat memenuhi tugas sekolah untuk mengajukan syarat Ujian Nasional di SMK Bakti Nusantara 666.

Hari
:
…...................
Tanggal
:
………………
Di
:
………………




Diterima Disetujui Dipertahankan
Dalam Ujian Sidang

     Pembimbing Prakerin                                                           Pembimbing lapangan



   Bpk.Didih Mulyawan S.Pd                                                           Bpk.Budi Mulyana









ii
MOTTO

Segala sesuatu akan terasa mudah bila kita tidak mudah putus asa dan selalu mencoba sampai kita bisa,  ,Dan kemampuan yang kita miliki takkan pernah bisa terwujud , ,jika tidak ada kemauan untuk selalu mencoba dan berusaha mengalahkan rasa penasaran kita terhadap sesuatu yang kita hadapi.















Kupersembahkan karya ini
Untuk orang-orang yang selalu mendo’akan
Dan menyemangati



iii
KATA PENGANTAR
Puji serta syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena penulis telah menyelesaikan penyusunan laporan yang LAPORAN KERJA INDUSTRI DCISTEM      ( Development Center of Information and System Technology for Education and Management ) .Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat standar kelulusan Ujian Nasional di SMK Bakti Nusantara 666
Berkat bantuan dan bimbingan serta petunjuk dalam penyusunan laporan ini,, penulis mengucapkan terimakasih kepada yth :
1.      Bpk.H,Suherman.,SE.,MM ,selaku Direktur SMK Bakti Nusantara 666;
2.      Bpk.Deni Danis Suara.,ST, selaku Kepala Sekolah SMK Bakti Nusantara 666;
3.      Bpk.Hurip Permana.,ST, selaku Kepala Kompetensi Keahlian;
4.      Bpk Syarif Hidayat S.Ag ,selaku ketua pelaksana prakerin SMK Bakti Nusantara 666;
5.      Bpk.Aji Sukma ST, selaku pembimbing teknis dari SMK Bakti Nusantara 666;
6.      Bpk.Didih Mulyawan., S.Pd selaku pembimbing lapangan dari SMK Bakti Nusantara 666;
7.      Bpk.Budi Mulyana , selaku technical support  DCISTEM –Jatinangor dan seklaigus pembimbing di industry yang selalu memotivasi dan memberikan dukungan moril;
8.      Kepada staf pengajar SMK Bkati Nusantara 666 yang sudah membimbing penulis dan selalu memberikan ilmunya untuk penulis,
9.      Kepada staf pekerja di DCISTEM UNPAD Jatinagor, yang sudah banyak memberikan ilmu sekaligus bimbingan kepada penulis
10.  Kepada orang tua tercinta yang selalu mendo’a.kan dan selalu memberikan semangat,
11.  Kepada teman-teman yang selalu membantu saya dalam mengatasi suatu permasalahan.

iv
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
i

LEMBAR PERSETUJUAN
ii

MOTTO
iii

KATA PENGANTAR
iv

DAFTAR ISI
v

BAB  1  PENDAHULUAN


       1.1 Latar belakang
1

       1.2 Tujuan
1

BAB  2  GAMBARAN PERUSAHAAN


       2.1 Latar Belakang Perusahaan
2

       2.2  Struktur Organisasi
3


       2.3 Kegiatan Usaha
4

BAB  3  PROSES PEKERJAAN


       3.1 Waktu dan Tempat pelaksanaan
7

       3.2 Alat-alat yang di gunakan
8

       3.3 Gambar kerja
9

       3.4 Proses Pekerjaan
9

       3.5 Hasil yang di capai
10

BAB  4  TEMUAN

       4.1 Keterlaksanaan
13


       4.2 Manfaat yang di rasakan
13

       4.3 Pengembangan dan Tindak Lanjut
13

BAB  5  PENUTUP


       5.1 Kesimpulan
14
       5.2 Saran
14

DAFTAR PUSTAKA
15

LAMPIRAN-LAMPIRAN





V
BAB 1     PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
            Sekolah SMK Bakti Nusantara 666 adalah lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk menciptakan lulusan yang memiliki akhlak dan keahlian serta ilmu yang unggul dan menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang siap pakai sesuai dengan bidang ke-ahlian yang dimilikinya.
            Saya melaksanakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) yaitu untuk memenuhi program pembelajaran yang harus di laksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja sebagai wujud nyata dari pelaksanaan system pendidikan di SMK yaitu Pendidikan System Ganda ( PSG ) yang sebagaiman telah di ketahui bahwa melaksanakan prakerin ini adalah merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di SMK Bakti Nusantara 666. Saya melaksanakan prakerin di DCISTEM UNPAD cabang Jatinangor.
            Saya memilih prakerin di DCISTEM UNPAD cabang Jatinangor karena saya tidak hanya ingin mengetahu proses jaringan di dalam buku saja. Akan tetapi, saya juga ingin langsung mem-praktekan-nya langsung, dan saya juga ingin mengetahui apa saja yang selalu di lakukan oleh orang-orang jaringan.
            Dan penulis juga ingin mengetahui sejauh mana keterkaitan antara orang-orang RPL dan orang-orang JARINGAN, serta ingin mengetahui, sebenarnya kerjaan manakah yang paling melelahkan, apakah pekerjaan orang-orang JARINGAN ,ataukah orang-orang RPL.

1.2 Tujuan
Sebagai syarat untuk memenuhi standar kelulusan di SMK Bakti Nusantara 666



1
BAB  2       GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Latar Belakang Perusahaan
Development Centre of Information System and Technology for Education and Management mengembangkan peran dan fungsi Center for Comunication and Information Technology dan juga organisasi sebelumnya yang dikenal dengan nama PUSDATIN (Puat Data dan Teknologi Informasi) adalah unit yang bergerak di bidang ICT ( Information – Communication – Technology ) yang mengemban visi dan misi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Universitas Padjadjaran terutama memajukan di bidang Teknologi informasi sehingga dapat disejajarkan dengan Universitas terkemuka lainnya yang telah menggunakan sistem teknologi informasi dalam sistem pembelajaran dan sistem kerjanya yang diyakini dapat membawa dampak positif dan keefektifan dalam segi tenaga kerja, waktu, dan pengetahuan yang di dapat.
DCISTEM berdiri pada tanggal 4 Januari 2008 menggantikan UP CCIT di bawah koordinasi Pembantu Rektor V Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Pengawasan.
Tugas, wewenang dan tanggung jawab yang dibebankan kepada DCISTEM Unpad adalah :
1.     Mengkoordinasikan dan secara bertahap mengintegrasikan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Padjadjaran
2.     Menyusun organisasi beserta struktur, fungsi. Dan rencana kerja dan personalia UPT. DCISTEM Unpad
3.     Membentuk kelompok kerja dalam penyusunan Buku Induk Rencana Pengembangan ICT Universitas Padjadjaran
4.     Mengembangkan dan menerapkan sistem informasi dan teknologi untuk kepentingan pendidikan dan manajemen Universitas Padjadjaran


2
5.     Melaporkan secara eriodic perkembangan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang dibebankan ke DCISTEM kepada Rektor Unpad
6.     Mengoptimalkan kebermanfaatan DCISTEM dalam pelayanan yang berbasis IT di lingkungan Unpad
7.     Mengintegrasikan database yang ada di lingkungan Unpad
Tim DCISTEM hingga saat ini masih terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk kemajuan Universitas Padjadjaran terutama di bidang ICT agar visi dan misi DCSITEM dapat tercapai dimana Universitas Padjadjaran dapat menjadi salah satu Universitas terbaik yang menjadi sosok contoh bagi perguruan tinggi lain yang terbuka pada perubahan dan kemajuan di bidang teknologi informasi. Hal ini menjadi penting karena hal tersebut dipandang memiliki peranan penting bagi keberhasilan suatu universitas.

2.2  Struktur Organisasi
Direktur DCISTEM     : Eddy Nurmanto,S.Si.,MBA
Wakil Direktur I          : Adhi Prapaskah Hartadi, SE.,MBA.
Wakil Direktur II        : Dr. Irwan Ari Dharmawan, S.Si.,M.Sc

Kepala Divisi Infrastruktur Informasi            : Dani Hadimukti, STP
Kepala Divisi Rekayasa Perangkat Lunak      : Okki Mahendra D., S.Si.,MT.
IT Architect                                                    : Arif Firmansyah,S.Si.
Business Development Manager                     : Rafly, S.Si.
System Analyst                                               : Ahmad Baehaqi, S.Si.

3
2.3 Kegiatan Usaha
Daftar Produk RPL Dcistem Unpad Tahun 2009
Beberapa produk yang telah dikembangkan oleh Divisi Rekayasa Perangkat Lunak antara lain :
PACIS (Padjadjaran Academics Information System)
Aplikasi untuk pengolahan data akademik yang mencakup data mahasiswa baru dan mahasiswa lama, bagian keuangan dan BAA (Biro Administrasi Akademik).
Fasilitas yang ada adalah :
1.      Registrasi dan Her-Registrasi mahasiswa;
2.      Update status mahasiswa;
3.      Biodata dan profile mahasiswa;
4.      Proses pembayaran (e-Payment);


1.      KKNM Online;
2.      Wisuda Online.


Tujuan :
1.      Meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dalam bidang akademik;
2.      Mewujudkan Unpad menjadi World Class University melalui dukungan layanan akademik memanfaatkan teknologi informasi yang lebih baik.
3.      Sistem terintegrasi yang dapat menyatukan proses pengumpulan data dan proses rekap laporan.

PADI (Padjadjaran Admission) 
Aplikasi untuk pengolahan data peserta Ujian Masuk Unpad (SMUP), mencakup :
1.      Pembelian nomer journal dan PIN untuk melakukan pendaftaran online;
2.      Pembagian ruangan ujian;
3.      Absensi ujian;
4.      Laporan peserta lulus.


PENDAFTARAN 
Aplikasi untuk pengolahan pendaftaran secara online, dimana mencakup :
1.      Pengisian biodata peserta;
2.      Checklist kelengkapan dokumen persyaratan;
3.      Portal pengumuman;
4.      Download bukti registrasi.


4
PENGUMUMAN 
Portal yang dibangun untuk menampilkan :
1.      Pengumuman kelulusan;
2.      Update informasi registrasi mahasiswa baru;
3.      Download bukti registrasi dan formulir tagihan;
4.      Download berkas-berkas yang diperlukan untuk kepentingan registrasi.


PORTAL MAHASISWA 
Aplikasi ini dibangun sebagai portal informasi bagi mahasiswa Unpad. Fasiitas yang terdapat di dalamnya adalah :
1.      Pengisian biodata mahasiswa (untuk update);
2.      Informasi registrasi dan formulir tagihan;
3.      Informasi akademik.


PALM (Padjadjaran Linked Mail) 
Aplikasi / system  yang disediakan dalam membantu proses alur kerja usrat masuk dan surat keluar dilingkungan Universitas Padjadjaran . Adapun fasilitas yang disediakan diantaranya adalah :
1.      Sistem Surat Masuk;
2.      Sistem Surat Keluar;
3.      Mail Tracking;
4.      Document Management.


PALM sejak tahun 2008 telah dimulai pemanfaatanya  dengan target perubahan kultur menuju paper less.
PARUNG (Padjadjaran Manajemen Ruangan)
Aplikasi yang berfungsi untuk manajemen dan penjadwalan ruangan dan untuk pemesanan ruangan di sisi pemesan/pengguna.
PUSTAKA 
Sistem ini digunakan sebagai pusat sumber daya informasi ilmiah dan perpustakaan di Unpad.
Tujuan :
1.      Memberikan informasi yang akurat di lingkungan pengguna;
2.      Menjadikan pusat sumber daya informasi ilmiah dan perpustakaan di Unpad;
3.      Menjadikan media promosi sumber informasi ilmiah untuk di dalam negeri maupun di luar negeri.




5
BLOGS 
Pengembangan aplikasi Blogs yang disediakan untuk seluruh civitas akademika Unpad dan dapat dimanfaatkan sebagai media diseminasi informasi dan pengetahuan serta dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung pembelajaran.
PVL (Padjadjaran Virtual Live) 
Website Padjadjaran Virtual Live (PVL) merupakan website yang ditujukan bagi mahasiswa, dosen dan staff untuk mengakses layanan e-learning, e-journal, e-mail, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Tidak hanya sebagai website yang menampilkan fasilitas-fasilitas tersebut, namun menjadikan website ini sebagai :
1.      Media pelayanan kepada mahasiswa.
2.      Media mensosialisasikan metode pembelajaran jarak jauh melalui e-learning.
3.      Media penyatukan fasilitas-fasilitas dalam satu wadah.


Website Unpad 
Pengembangan media informasi yang disajikan dalam bentuk website yang dapat diakses secara global melalui internet dengan sistem terintegrasi yang mendukung pengembangan konten Fakultas dan unit-unit kerja lain di lingkungan Universitas Padjadjaran.
Unpad Video LAN 
Layanan portal penyimpanan data video yang dapat diakses guna memudahkan proses upload dan penyajian melalui website.
-Learning 
Layanan pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh Unit e-Learning.
        EPayment
 Pengembangan aplikasi pendukung pembayaran elektronik melalui sistem switching yang terhubung ke multi bank untuk keperluan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pembayaran mahasiswa seperti Registrasi/Her-Registrasi, KKNM, Wisuda, dan kegiatan lainnya dengan proses reporting dan alur sistem keuangan terpusat dengan autotentikasi khusus.
       E-payment yang merupakan aplikasi pembayaran elektronik sehingga jalannya informasipun cukup kompleks melibatkan berbagai pihak dengan berbagai hak dan kewajiban yang diembannya.





6
BAB  3  PROSES PEKERJAAN

3.1  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek  Kerja Industri mulai di laksanakan pada  18 januari 2011 sampai dengan 31 Maret 2011 ,yang kurang lebih selama dua setengah bulan.pelaksanaan di mulai pada hari selasa sampai dengan hari jum’at setiap minggunya dengan rincian sebagai berikut :
1.      Senin , masuk pada pkl. 08.00 sampai dengan pkl.17.00
2.      Selasa, masuk pada pkl. 08.00 sampai dengan pkl.17.00
3.      Rabu,   masuk pada pkl.08.00 sampai dengan pkl.17.00
4.      Kamis, masuk pada pkl. 08.00 sampai dengan pkl.17.00
5.      Jum’at, masuk pada pkl. 08.00 sampai dengan pkl.17.00
Dalam pelaksanaanya , saya melaksanakan Prakerin di DCISTEM  UNPAD cabang Jatinangor .
3.2  Alat
* Komputer yang akan digunakan sebagai Server
* Beberapa komputer untuk workstation
* Conector RJ45 dan RJ11
* NIC (Network Interface Card)  adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
* Wireless LAN adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem [komputer] tanpa menggunakan kabel.
* HUB atau Swicth yang mendukung F/O  adalah sebuah switch yang memiliki port untuk kabel FO (Fiber Optik )
* Swicth Wireless adalah sebuah switch yang juga bisa digunakan sebagai wireless (hotspot)

7
* Kabel UTP adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal.UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.
* VDSL Converter adalah sebuah teknologi xDSL yang menyediakan transmisi data sampai batas kecepatan teori 52 Mbit/s arah bawah dan 12 Mbit/s arah atas melalui sebuah kabel twisted pair tunggal.
* UPS jika diperlukan adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif, untuk Dapat memberikan suplai daYa yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang. UPS merupakan sistem penyedia daya listrik yang sangat penting dan diperlukan sekaligus dijadikan sebagai benteng dari kegagalan daya serta kerusakan system dan hardware.
Yang tersebut di atas adalah alat-alat yang akan di gunakan / media yang di perlukan untuk membuat sebuah jaringan internet.










8
3.3 Gambar Kerja

Gambar monitoring jaringan internet di UNPAD JATINANGOR.


3.4 Proses Pekerjaan
1.      Mengecek WIRELES ROUTER;
2.      Mengecek ROUTER BOARD;
3.      Memanjat TOWER ;
4.      Mengecek AP (hotspot) yang mati.






9
3.5   Hasil Yang di Capai
            Setelah penulis melaksanakan prakerin kurang lebih dua setengah bulan penulis jadi lebih tau cara-cara kerja orang-orang yang berkecimpung di dunia jaringan, dan sedikitnya penulis lebih tau banyak hal-hal yang mengenai jaringan,
3.5.1 Cara mengatasi WI-FI bermasalah :
1. Periksa apakah tombol wifi sudah dihidupkan
Indikasi tombol wifi sudah hidup adalah lampu yang menyala pada tombol tersebut. Jika tombol wifi sudah anda tekan, tapi tidak ada nyala lampu atau tidak ada lambang wifi sama sekali di layar sebelah kanan bawah windows anda, kemungkinan anda belum menginstall driver wifi anda atau driver bawaan laptop anda tidak cocok. Laptop anda biasanya disertai CD Driver atau anda bisa mendownload di situs merek laptop anda.

2. Hidupkan Wireless Zero Configuration
Jika tombol wifi sudah menyala, lambang wifi ada tapi tidak bisa mendeteksi jaringan hotspot, maka ada kemungkinan Anda belum menghidupkan Wireless Zero Configuration. Anda bisa menghidupkannya dengan menuju

Start->Run->ketikkan services.msc
Setelah muncul Jendela Services akan ada banyak nama service disana
Cari Wireless Zero Configuration
Klik kanan->Properties
Setelah muncul Jendela Wireless Zero Configuration Properties
Cari Startup Type
Jika masih manual, ubah jadi “Automatic” dan klik OK.
10
Disini Anda akan kembali lagi ke Jendela Services awal. Klik kanan lagi di Wireless Zero Configuration dan pilih Restart untuk menghidupkan Service Wireless Zero Configuration supaya bisa mendeteksi hotspot di sekitar anda.

3. Bersihkan sisa koneksi hotspot
Jika wifi anda sudah bisa mendeteksi hotspot tapi tetap tidak bisa connect, maka kemungkinan anda harus membersihkan “sisa” koneksi hotspot anda yang lama.
Klik ke lambang wifi di pojok kanan bawah Masuk ke advanced setting, disini akan keluar kotakKemudian masuk advanced,
jika anda melihat ada nama-nama hotspot yang dulu pernah tersambung dengan anda, maka hilangkan semua dengan mengklik tombol remove hingga nama-nama hotspot tersebut hilang. Sekarang coba kembali untuk connect ke hotspot anda.

4. Install ulang Windows
Install ulang Windows bisa menjadi solusi jika windows anda ternyata sudah tidak stabil dan menyebabkan wifi anda bermasalah.
Tips diatas adalah solusi sederhana dari Mister Laptop untuk mengatasi wifi bermasalah. Jika anda sudah mencoba keempat langkah diatas dan wifi anda masih mengalami masalah, ada kemungkinan kartu wifi anda rusak atau perlu diganti.         

3.5.2  Cara mengatasi router mati :
RESTART ROUTER.
Cara yang paling mudah atau mungkin pertama kali yang sering dilakukan untuk mengecek masalah koneksi adalah dengan me-restart router / Access Point. Solusi ini juga berguna ketika sumber masalah jaringan tidak terdeteksi. Adapun trik yang biasa dilakukan adalah :
11

    * Pastikan router / AP anda terhubung dengan sumber listrik dan telah menyala dengan baik. Pengecekan ini perlu dilakukan karena selain kita sering lupa masalah-masalah kecil seperti ini, mungkin saja ada yang menyenggol atau mematikan aliran listrik tanpa sepengetahuan kita.
    * Restart router / AP dan modem broadband degan cara mencabut kabelnya dari sumber listrik atau menekan tombol power.
    * Tunggulah sekitar 10-15 detik, lalu hidupkan kembali peralatan tersebut.

Apabila langkah-langkah tersebut tidak mengatasi masalah, cobalah untuk men-disable dan enabled kan katu wireless pada komputer anda dengan cara :
     * Klik kanan icon Wireless connection pada System Tray,
    * Pilih Opsi Disable
    * Setelah itu, klik tombol start dan [pilih connect to
    * Klik pada Wireless Network connection dan enable kan kembali.








12
BAB  4  TEMUAN
4.1 Keterlaksanaan
      Berdasarkan hasil pengamatan penulis pada pelaksanaan prakerin di DCISTEM UNPAD Jatinangor terdapat dua factor yaitu :
A. factor pendukung
1.      Penulis di bantu rekan prakerin dalam setiap melaksanakan tugas;
2.      Rekan prakerin selalu memberikan solusi dalam setipa penyelesaian masalah yang menghadang di sela-sela pelaksanaan tugas.

     B. factor penghambat
1.      Penulis dan rekan prakerin sering tidak se-pemikiran untuk memecahkan suatu permasalahan;
2.      Penulis sering ke-sulitan menjalan.kan tugas jika rekan prakerin tidak hadir/tidak masuk kerja.

     4.2 Manfaat yang di rasakan
            Banyak manfaat yang di rasakan penulis pada saat melakukan perakerin di DCISTEM UNPAD Jatinangor, selain menambah ilmu pengetahuan di bidang  JARINGAN INTERNET, setelah langsung mendapatkan bimbingan dari orang yang sudah ahlinya.
    4.3 Pengembangan dan Tindak Lanjut
            Dalam penginstalan router, penulis sering kebingungan untuk menentukan ip-INET, LAN, DHCP RANGE, dan DNS, sehingga untuk proses ini penulis menyerahkan langsung ke petugas yang sudah ahli dalam melakukan ini semua.


13
BAB  5  PENUTUP
1.1  Kesimpulan
           Setelah melaksanakan prakerin selama dua bulan stengah di DCISTEM UNPAD Jatinangor penulis menyimpulkan bahwa :
1.      DCISTEM bergerak didalam bidang jaringan internet ;
2.      DCISTEM bergerak dalam kepengurusan nilai-nilai online di seluruh fakultas di UNPAD Jatinangor;
3.      Proses pembuatan jaringan internet di fakultas-fakultas yang ada di UNIVERSITAS UNPAD baik di Jatinangor ataupun di Dipatiukur.
4.      Memonitoring kegiatan internet di UNPAD dan juga di berbagai tempat lainnya yang memiliki server di DCISTEM UNPAD setiap harinya.


1.2  Saran
        Mungkin penulis tidak dapat memberikan saran karena produktifitas dan cara kerja para pekerja atau staf DCISTEM UNPAD ini sudah sangat maximal mereka tidak pernah lalai dalam pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menjaga client-client untuk tetap bias bekomunikasi dan kenyamanan melakukan komunikasi melalui INTERNET dan penulis hanya bisa mendo’a.kan supaya DCISTEM UNPAD ini semakin meningkatkan lagi produktifitas dan semangat kerjanya supaya tidak kendor dan lalai dalam menjalankan tugasnya.










14


DAFTAR PUSTAKA
Contoh sumber dari internet :
1.      Kumpulan Daftar Judul Laporan PKL, Tugas Akhir, dan Skripsi
2.      [SHARE] Laporan PKL & Proposal TA 1
                  contoh sumber dari buku :
1.      Wardani, Dani.2009. Cara Pembuatan Laporan Prakerin: simbiosa






















15
LAMPIRAN-LAMPIRAN  :
Alat-alat yang di perlukan untuk membuat / terbentuknya sebuah jaringan      internet.
PC


NIC


WIRELES LAN


SWITCH YANG MENDUKUNG F/O


SWITCH WIRELES



KABEL UTP


RJ
rj 45                   


VDSL CONVERTER

UPS


SWITCH





1 komentar: